Kisah · Perjalanan

Just a Few Good People

Dengan Menyebut Nama Allah Yang Maha Pengasih Lagi Maha Penyayang..

pexels-photo-2575830.jpeg
Photo by NastyaSensei Sens on Pexels.com

Percakapan di suatu waktu menjelang sore, di hari terakhir….

“Saat aku pertama masuk ke sini aku pengen deh tadinya punya banyak temen. Melihat orang-orang yang asik banget kalau kumpul-kumpul sama temen kerjanya.”

“Jangan terlalu deket sama banyak orang di sini, enggak semua orang-orang yang keliatannya baik, baik beneran lho.”

“Iya ya, kata Ibuku di tempat kerja itu kita kumpul sama beberapa orang-orang terus yang lain lagi ngomongin orang lain yang enggak ada, bisa jadi besoknya kita yang diomoongin ya..”

“Hahaha iya bisa jadi kayak gitu, tapi di sini tembok aja juga ngomong..”

“Haha serem yaa.. enak yaa kalau dulu jaman sekolah bisa temenan sama siapa aja gitu.”

“Hmmm.. Iyaa dulu sih jaman sekolah aku juga ngerasa kayak dulu, bisa main sama siapa aja, bisa cerita sama siapa aja, punya banyak temen, disenengin banyak temen. Tapi setelah aku dewasa, aku sadar banget enggak semua orang harus jadi temen kita, ya kan? Pasti nanti kita akan tersadar..

Aku ndak butuh banyak temen, cukup sedikit temen tapi loyal dan bisa bikin aku nyaman. Aku juga ndak perlu disukai sama semua orang. Apalagi di tempat kerja kan. Kerja yaa kerja, urusan pribadi yaa beda lagi. Tapi temen-temen kerja juga bisa jadi orang yang cukup dekat sama kita.

Dan yang pasti mesti tetep jadi diri sediri. Kamu bakal tau mana orang yang cocok untuk menjadi temanmu. Dan kalau mereka mengaggap kamu ndak cocok sama msereka ya enggak apa kan. Masih banyak yang mau nerima kita apa adanya.”

Aku membatin..

‘As we grow older, we tend to minimize our circle. We save the private space for only the best ones. Maybe our circle decreases in number, but increases in value. Fewer friends, less drama. Keep your circle small.’

Dia melanjutkannya..

“And you, you must be a very kindhearted person to feel that way. Kamu udah berusaha berteman dengan mereka, udah berusaha untuk menjalin hubungan dengan mereka, tapi ya kalau merekanya menolak yowis masih banyak di luar sana yang akan menerima diri kita apa adanya. Contohnya teman-teman lama yang udah mengenal kita cukup baik kan.

Kamu ndak perlu berteman dengan banyak orang, pun ingin disukai semua orang. Jangan mengorbankan prinsipmu hanya untuk penerimaan orang lain, dalam bergaul boleh kenal siapa aja, tapi untuk berteman dekat? Hmm.. jangan buru-buru.”

Aku membatin lagi..

‘You don’t need to be accepted or loved by everyone, just a few good people. People who accept and love you the way you are. Even at the times when you are hard to accept and love yourself.’

“So, jangan sedih lagi ya.. Kamu harus percaya bahwa tidak ada yang salah dengan dirimu ketika mereka tidak mau berteman denganmu. Di sini ndak usah mencoba menarik perhatian, ke siapapun. Apalagi masalah pekerjaan, seperti yang ku katakan dulu, niatnya kan kerja yaa ibadah. Kalau aku sih dari awal bekerja niatnya cuma mau menyalurkan ilmu yang ku punya, siapa tau bisa jadi amal jariyah. Hehe..

Jadi semangat yaa.. Banyak yang akan mendukungmu, pun dengan keputusanmu. Semoga ini bukan menjadi obrolan kita yang terakhir..”

Sekali lagi aku membatin..

‘There will be times when you are learning to love the sound of your feet walking away from things not meant for you. And somehow, you’ll be grateful when you know the reason why they were not meant for you.’

“Terimakasih yaa telah menjadi ‘a few good people’ buatku. As a partner, as a leader, as a friend..”

“Chin up, little flower! You are such a precious thing, a good and rare soul. Never let others make you think otherwise. Promise?”

“Promise..”

Pondok Indah, 16 Agustus 2019

my last day, thankyou for a few good people here for last 3 years a half, for all the kindness.. see you again, fellas!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s